Wednesday, January 26, 2011

Berdoa Satu Jam Setiap Hari(Rev. Jerry Stott)

Ayat Pokok: Matius 6:9
Kita semua sibuk dengan pekerjaan, sekolah, keluarga, dan urusan lainnya. Tetapi Tuhan menghendaki kita senantiasa berdoa. Memang tidak mudah. Tetapi saya merasakan dorongan Roh Kudus begitu kuat menyatakan, bahwa inilah waktu untuk kita berdoa. Di Taman Getsemani Yesus menegur murid-murid, “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku.”
Tuhan meminta kita berdoa sedikitnya satu jam. Sebagian besar kita mungkin tidak tahu apa yang harus didoakan selama satu jam. Murid-murid memiliki masalah yang sama. Itu sebabnya mereka minta diajarkan berdoa. Tetapi Doa Bapa Kami yang diajarkan Yesus bisa kita tuntaskan dalam 15-20 detik. Lalu bagaimana bisa berdoa selama satu jam? Apakah Doa Bapa Kami harus diucapkan berulang-ulang sampai satu jam?
Berdoa Satu Jam: DOA BAPA KAMI
Perhatikan: Tuhan Yesus tidak menyuruh murid-murid memanjatkan Doa Bapa Kami! KataNya, “Berdoalah demikian…” [Bahasa Inggris: “After this manner therefore pray ye…” = Berdoalah dengan cara demikian]. Dalam bahasa aslinya, bahasa Yunani, kata yang dipakai berarti “menurut/sesuai pola ini.”
Jadi, yang Yesus ajarkan lebih dari sekedar menghafal, dan mengulang doa yang sama! Allah menunjukkan sesuatu yang amat dalam, yang sangat menguatkan kehidupan doa saya. Dan saya ingin membagikannya kepada saudara.
Inilah yang saya lakukan setiap kali berdoa: entah pagi, siang atau malam:
1. Mengundang Roh Kudus untuk datang;
2. Mengucap syukur dan berterima kasih. Tak peduli apa yang terjadi, tak peduli masalah yang sedang saya hadapi, Firman Tuhan mengajar kita untuk memasuki gerbangNya dengan ucapan syukur;
3. Menaikkan pujian bagi Tuhan;
4. Masuk dalam pola Doa Bapa Kami:
“Bapa kami yang di sorga”
Kalau seperti saya, bapa jasmani saudara bukanlah seorang yang baik, ingat, kita memiliki Bapa di sorga yang tidak akan pernah membiarkan atau meninggalkan saudara dan saya. Dia senantiasa menyertai kita setiap hari.
“Dikuduskanlah NamaMu”
Dikuduskan berarti “dikhususkan; dipisahkan untuk tujuan tertentu.” Kudus adalah NamaNya! Tuhan menyatakan Diri melalui NamaNya, dan sambil mengingat namaNya, hati saya pun limpah dengan ucapan syukur:
- Tuhan, kebenaranku: Ia membungkus dan membenarkan hidupku;
- Tuhan yang menyucikan dan menjadikan aku kudus;
- Yehovah Jireh = Allah yang mencukupkan segala kebutuhanku;
- Yehovah Raffa = Tuhan Penyembuhku;
- Yehovah Nissi = Tuhanlah Panji yang berjalan di depanku;
- Yehovah Rohi = Tuhan adalah Gembala yang senantiasa memimpin dan menuntun setiap langkah hidupku;
- Yehovah Shama = Allah yang senantiasa ada di tengah segala situasi;
- Yehovah Syalom = Allah, damai sejahteraku. Apapun berkecamuk, aku bisa hidup dalam damai sejahtera Allah. Damai sejahtera yang melampaui segala akal memelihara hati dan pikiranku;
- Tesboa = Allah mengelilingi/melingkupiku dengan kuasaNya. Ia mengutus malaikat-malaikat untuk menjagaku;
- Ganola = Tuhan yang memberi upah kepada mereka yang sungguh-sungguh mencari Dia;
- El Shaddai = Allah Sumber berkat. Kebajikan, kemurahan & berkat-berkatNya mengikuti aku seumur hidupku;
- NamaNya = Nama di atas segala nama; Nama yang mengatasi segala keadaan, masalah, kuasa kegelapan. Di dalam Nama itu, setiap lutut akan bertelut dan lidah mengaku, Dialah Yesus Kristus, Tuhan.
“Datanglah KerajaanMu”
Artinya, kita mengundang Allah bertakhta sebagai Raja dalam hidup kita dan kita setuju untuk mematuhi Dia! Apakah Allah menjadi Raja yang memerintah dan berkuasa dalam segenap aspek kehidupanmu? Taatkah engkau kepadaNya? Sang Raja hanya bisa memerintah dalam hidupmu, jika engkau patuh kepadaNya.
“Jadilah KehendakMu di Bumi Seperti di Sorga”
Seperti Yesus, saya pun mau berserah 100% pada kehendak Tuhan – bukan kehendakku. Amsal 3:5-6 – “Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.”
“Berikanlah Kami Pada Hari Ini Makanan Kami Yang Secukupnya”
Tiba di bagian ini, saya rasanya tidak lagi punya permintaan, sebab di dalam semua Nama yang disandangNya, segala kebutuhan jasmani sudah dijamin dan dipenuhi. Jadi, ganti meminta roti/makanan jasmani, saya minta lebih banyak FirmanNya! Sebab manusia tidak hidup dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulutNya! Itulah yang aku butuhkan lebih dari apapun juga!
“Ampunilah Kami Akan Kesalahan Kami, Seperti Kami Juga Mengampuni Orang Yang Bersalah Kepada Kami”
Berterima kasih sebab setiap hari darah Yesus membasuh dan menyucikan segala kesalahan dan dosa kita. Tetapi, pastikan kita telah mengampuni kesalahan orang lain! Jangan simpan kepahitan, sehingga membuka peluang bagi Iblis untuk menjatuhkanmu. Setelah menerima & mencicipi begitu banyak kebaikan Tuhan, amatlah mudah untuk mengampuni kesalahan orang dan berdoa bagi mereka (bukan mengutuki)!
“Janganlah Membawa Kami Ke Dalam Pencobaan, Tetapi Lepaskanlah Kami Dari Pada Yang Jahat”
Yakobus 4 :7 – “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu.” Roma 12 :1 – “… mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati.” Saat kita menyerahkan hidup kepadaNya, Iblis tidak lagi mempunyai peluang dan kuasa untuk menguasai kita! Ia akan lari daripadamu! Iblis hanya akan tinggal apabila ia bisa menguasai sesuatu/seseorang. Saya pun akan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah – Efesus 6:13-17.
“Karena Engkaulah Yang Empunya Kerajaan Dan Kuasa Dan Kemuliaan Sampai Selama-lamanya. Amin.”
[Tiba di bagian ini, satu jam pun berlalu tanpa kita sadari].
Ganti menghafal dan mengucapkan Doa Bapa Kami dalam 15-20 detik, sekarang kita memiliki begitu banyak bahan untuk berdoa paling sedikit satu jam lamanya. Haleluya! Mari belajar berdoa dengan cara seperti yang diajarkan Yesus kepada murid-muridNya.
Bagaimana? Berani terima tantangan saya? Inilah saatnya meningkatkan kehidupan doa. Mari, berdoa sedikitnya satu jam setiap hari. Rendahkan diri, cari wajahNya, berbalik dari jalan-jalan yang jahat. Dia akan mendengar seruan doamu; akan bekerja dengan dahsyat dalam hidupmu; akan memenuhimu dengan kuasaNya, dan menjadikan saudara umat yang suka berdoa! Tuhan Yesus memberkati saudara!

0 comments:

Post a Comment